Resep Cireng Khas Jawa Barat Bisa Dikreasikan Sesukamu
Resep Cireng Khas Jawa Barat Bisa Dikreasikan Sesukamu

Resep Cireng Khas Jawa Barat Bisa Dikreasikan Sesukamu

Resep cireng khas Jawa Barat banyak orang yang mencoba mencarinya. Makanan olahan cireng memang sudah sejak lama memiliki tempat di hati para pecinta kuliner. Makanan olahan ini tentu saja memiliki sejarah perkembangannya sendiri hingga hari ini dikreasikan menjadi berbagai macam olahan lainnya.

Namun memang ada beberapa trik khusus memang perlu kamu pahami dengan baik agar bisa berhasil membuat cireng enak. Biasanya masalah yang sering ditemukan adalah ketika kondisi cirengnya sudah dingin kemudian berubah menjadi keras sehingga sulit dimakan. Hal ini tentu saja bisa terjadi karena proses pengolahannya kurang tepat.

Mengaplikasikan resep cireng khas Jawa Barat dengan benar saja tidak akan cukup, tetapi kamu masih harus mengetahui berbagai cara tepat lainnya. Dengan begitu cireng yang kamu buat pasti tidak akan gagal dan bisa dinikmati sebagai camilan menarik di sore hari. Apalagi jajanan ini memang sangat menarik untuk dicoba meskipun sudah banyak orang menjualnya di pasaran.

Sejarah Makanan Ringan Cireng Jawa Barat

Sebenarnya, cireng ini sudah ada sejak sekitar tahun 1970 dan dijadikan sebagai jajanan pinggir jalan pada saat ini. Penjualnya adalah para pedagang kaki lima sehingga bisa ditemukan dengan mudah di banyak tempat. Pengolahan makanan ini juga pada dasarnya sangat sederhana karena hanya dari tepung tapioka, digoreng, kemudian disajikan dengan tambahan bumbu khasnya.

Namun biasanya memang makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia memiliki kisahnya sendiri yang juga menarik untuk kamu ketahui. Di daerah Jawa Barat, terutama Bandung memang diketahui banyak memiliki jenis jajanan yang berasal dari bahan baku tepung tapioka, selain cireng. Bahkan makanan-makanan tersebut juga terkenal di berbagai daerah lainnya.

Pada jaman itu, memang cukup sulit bagi masyarakat di daerah Jawa Barat untuk mendapatkan bahan makanan seperti roti, gandum, hingga beras. Oleh karena itu, mereka mencari cara untuk membuat makanan ringan yang dapat diterima dengan baik berbagai lapisan masyarakat. Dari sanalah kemudian resep cireng khas Jawa Barat dibuat pertama kalinya.

Makanan ini dipilih karena bahan dasarnya dari tepung tapioka yang merupakan hasil olahan dari singkong. Kemudian semakin lama akhirnya semakin banyak olahan dari tepung singkong ini menjadi beragam makanan ringan tentu saja menarik dan terjangkau untuk didapatkan masyarakat sekitar. Misalnya yang banyak dikenal seperti saja cimol, seblak, silok, dan lainnya.

Ciri khas dari makanan ini adalah menggunakan singkatan sebagai penamaannya. Hal ini memang biasa dilakukan karena kecenderungan pola pemikiran masyarakat di Jawa Barat yang lebih simpel serta sederhana. Dengan begitu memilih untuk memberikan nama singkatan pada makanannya seperti salah satunya adalah cireng ini.

Resep Membuat Jajanan Cireng Sederhana

Memang banyak berkembang resep cireng khas Jawa Barat, tetapi kamu harus memperhatikan dengan baik mana paling tepat. Tentu saja nantinya juga berkaitan dengan keberhasilan dari proses pembuatannya nanti. Sehingga kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikan resep yang dianggap paling tepat untuk dijadikan sebagai andalan makanan buatan sendiri.

Kamu perlu mencampurkan tepung kanji, tepung serba guna, dan daun bawang yang sudah diiris sampai halus. Kemudian ditambahkan juga dengan seledri dan bawang putih halus sebagai pemberi tambahan rasanya. Bisa juga diberikan tambahan penyedap rasa, merica, dan garam sebagai bumbunya sehingga rasa cireng akan lebih mantap.

Campuran tersebut harus diuleni menggunakan air panas dan diaduk perlahan. Kamu harus memastikan bahwa adonan resep cireng khas Jawa Barat tersebut sudah tercampur dengan baik dan benar-benar kalis. Selanjutnya, tinggal membentuk adonan yang sudah siap menjadi bentuk pipih atau sesuai kreasi dan keinginan kamu masing-masing agar hasilnya juga unik.

Setelah selesai maka tinggal menggoreng hasil adonan tersebut dengan minyak panas. Sebenarnya memang cukup mudah dan kamu bisa menambahkan bumbu rujak, sambel, atau cocolan lainnya sesuai selera masing-masing sebagai pendamping ketika makan cireng nantinya. Pastinya akan lebih menarik lagi jika kamu bisa menemukan kreasi sendiri untuk cocolannya.

Trik Pembuatan Cireng Tanpa Gagal

Dalam resep cireng khas Jawa Barat tentu ada rahasia tersendiri yang bisa kamu coba aplikasikan sehingga nanti hasilnya tidak akan sampai gagal. Dalam hal ini tentu saja lebih pada teknik pengolahan adonan hingga digoreng agar nantinya tidak sampai keras. Sehingga nantinya bisa dimakan dengan nyaman oleh siapa saja, apalagi ditemani dengan cocolan yang sedikit pedas sehingga lebih nikmat.

Untuk membuat campuran adonan, ada baiknya kamu menggunakan air hangat. Saran ini bertujuan untuk membuat adonan tersebut menjadi lebih tercampur secara maksimal dan nantinya bisa seperti lem. Inilah adonan yang baik dihasilkan untuk membuat cireng enak dan berhasil tidak keras meskipun sudah dalam kondisi dingin setelah digoreng.

Hindari juga terlalu lama mengaduk adonannya karena hal ini yang nantinya juga akan membuatnya menjadi lebih keras. Cukup pastikan bahwa adonannya sudah dibuat sampai kalis, secukupnya saja. Selain itu, pastikan juga resep cireng khas Jawa Barat yang kamu buat memang sudah benar takarannya sehingga dapat menghasilkan rasa sesuai ekspektasi masing-masing.

Trik lainnya yang bisa kamu coba pada saat membentuk adonannya menjadi bulat-bulat adalah menaburi tangan dengan tepung. Cara ini membantu kamu untuk lebih mudah ketika membentuknya dan tidak terasa panas di tangan. Jika ingin nanti hasilnya menjadi lebih renyah maka bisa juga adonan jadinya ditaburi lagi dengan tepung tapioka sebelum kemudian digoreng. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa minyaknya benar-benar panas dan lakukan teknik deep frying pada adonan tersebut.

Kreasi Resep Cireng yang Unik dan Menarik

Saat ini sudah ada banyak bermunculan beragam kreasi olahan dari resep cireng khas Jawa Barat dasar yang ada. Tentu saja dengan begitu kamu juga jadi punya banyak pilihan untuk dikembangkan sesuai selera masing-masing. Cocolan atau kuah yang dijadikan teman dari olahan cireng ini juga beragam, mulai dari bumbu rujak, olahan sambal super pedas, kuah seblak, hingga kuah bakso.

Bahkan saat ini yang banyak dilakukan bukan hanya cocolan atau kuahnya yang dikreasikan, tetapi juga tambahan pada adonan cirengnya. Kamu bisa membuat cireng nasi atau cireng isi yang diberikan tambahan bahan seperti ayam, sosis, tahu, hingga ikan. Semuanya bergantung pada bagaimana kamu berkreasi dengan resep tersebut dan membuat olahan baru dari bahan tepung tapioka ini.

Pasti akan sangat menyenangkan jika kamu menemukan resep cireng khas dari Jawa Barat baru dan kemudian banyak disukai orang lain. Tentunya ini bisa jadi peluang bisnis menjanjikan yang juga menguntungkan untuk kamu kembangkan. Memiliki resep cireng modern sendiri sebagai kreasi di dapur yang juga bisa dinikmati oleh orang-orang terdekat.

Makanan ringan ini memang enak dinikmati bersama dengan teh atau minuman lainnya sambil berkumpul dengan keluarga atau kerabat dekat lainnya. Bahkan menjadi peluang bisnis menjanjikan jika kamu bisa mengolahnya dengan baik. Sehingga tidak perlu terpaku dengan resep cireng khas Jawa Barat tradisional yang sudah ada, tetapi cobalah untuk menemukan hal baru dari jajanan populer ini.