Rekomendasi Resep Kue Combro Khas Jawa Barat

Membuat resep kue combro khas jawa barat secara mandiri ternyata bukan hal yang sulit dilakukan bahkan oleh orang biasa. Kamu tidak perlu belajar kursus dulu karena sudah diajarkan secara turun menurun oleh banyak orang. Selain itu sudah ada banyak menu yang dapat ditiru lewat internet.

 

Combro sendiri adalah olahan dari singkong dengan isian beragam, di mana versi orang Sunda punya ciri khas tersendiri. Sampai saat ini memang banyak versinya seperti dari Jateng di mana cenderung manis. Kamu bisa membuat versi original dengan rasa gurih, rasa pedas mantap atau rasa manis.

 

Resep Kue Combro Khas Jawa Barat Original

 

Bila berbicara mengenai olahan combro khas Sunda, memang tidak bisa terlepaskan dari penggunaan oncom sebagai isian. Bahan satu ini sebenarnya dibuat melalui proses fermentasi yang kurang lebih sama seperti pada tempe. Tapi disini bahan pembuatannya variatif, bisa berupa ampas kelapa, singkong, kacang tanah dan sebagainya.

 

Membuat bahan isian untuk berbagai resep kue combro khas jawa barat ini sendiri membutuhkan perjuangan karena proses fermentasi cukup sulit. Nantinya semua bahan ampas yang akan digabungkan sebagai oncom bakal dicampur dengan ragi. Proses pembuatannya masih sama bahkan sejak abad ke-17 saat pertama kali dibuat.

 

Sementara itu untuk membuat combro original atau nama sundanya comro, kamu bisa terlebih dahulu menyiapkan bahan luarnya seperti singkong dan kelapa tidak terlalu tua terlebih dulu. Siapkan juga beberapa sendok garam dan minyak goreng. Jangan lupa masukkan kencur yang menjadi ciri khas berbagai olahan Sunda.

 

Lalu untuk isian resep kue combro khas jawa barat berupa comro ini bisa terdiri dari bawang merah dan putih, garam, kaldu bubuk, merica serta oncom tumbuk. Selain itu kamu disarankan menambahkan daun bawang dan daun kemangi. Hal ini bertujuan menghilangkan bau tidak sedang dari oncom.

 

Dalam proses pemasakan, kita harus mencampurkan bagian luar dan bumbu halus terlebih dahulu. Kamu harus mengingat mengenai takaran yang benar jangan sampai terlalu asin karena bakal digabungkan sama isian. Dalam proses pembuatan isian tinggal tumbuk oncom sampai halus dan campurkan berbagai bahan isian lainnya saja.

 

Olahan Combro Memakai Bahan Unik

 

Selain memakai versi original, tentu lebih menarik bila ditambah pakai berbagai bahan unik misalnya teri pedas. Disini yang bakal kita bedakan hanya pada isiannya sehingga untuk adonan luar bisa memakai versi biasa. Jadi, siapkan bahan penting seperti singkong, kentang, kelapa parut, cabe dan daun bawang.

 

Lalu untuk membuat isian dalam resep kue combro khas jawa barat ini, kita membutuhkan oncom, teri, daun salam, gula merah dan santan. Untuk oncom usahakan buat supaya lebih halus sehingga mudah dicampur sama isian lain. Selain itu disarankan juga pakai tambahan daun kemangi supaya wangi.

 

Paling penting untuk diperhatikan disini sebenarnya dalam pengolahan teri di mana tidak boleh menghasilkan bau amis terlalu kuat. Maka dari itu diwajibkan memakai tambahan daun kemangi atau daun jeruk. Olahan unik selain memakai teri bisa pakai keju karena populer dipakai dalam campuran berbagai menu terbaik.

 

Nantinya penggunaan bahan baku lebih disesuaikan sama cita rasa keju sehingga kita boleh mencampur singkong dan kentang sebagai highlight utamanya. Perlengkapan lain yang perlu disiapkan dalam menu unik ini yaitu keju, kelapa tua parut, daun bawang, cabai, oncom bakar, gula, santan dan minyak goreng baru.

 

Agar rasanya tetap memiliki cita rasa khas Sunda, boleh ditambah dengan daun kemangi sehingga aromanya tambah nikmat. Bagian keju sendiri bisa dimasukkan ke dalam atau sebagai topping saja bisa. Inilah kelebihan penggunaan keju di mana penggunaannya fleksibel, bahkan bisa dipakai sebagai campuran saus cocolan nikmat.

 

Resep Kue Combro Khas Jawa Barat dari Telur

 

Selain isian hanya oncom ternyata kamu bisa menambah telur balado sebagai bahan terbaik supaya rasa combro lebih nikmat. Disini kamu perlu membeli singkong, kelapa parut, garam, daun bawang dan minyak terlebih dulu. Biar rasanya tetap bagus, jangan pakai minyak bekas karena bisa tercampur rasa lain.

 

Sementara itu untuk isian perlu memperhatikan bagaimana cara pembuatan atau pencampuran oncom bakar dan telur ayam. Kedua bahan tersebut wajib dicampur sama daun jeruk, daun salam atau daun kemangi karena aroma dan rasanya tidak mengganggu.

 

Apalagi bila ditambah sama bawang merah dan bawang putih, garam dan gula. Pasti rasanya jauh lebih menggugah selera. Selain telur biasa, kamu juga bisa memakai telur asin. Tentu bahan masih sama yakni singkong, kelapa parut, garam dan daun bawang.

 

Membuat resep kue combro khas jawa barat telur asin kita kamu perlu juga menyiapkan oncom bakar, telur asin, garam dan gula. Biar tambah nikmat, tambahkan juga bawang merah dan bawang putih serta cabai. Cabai ini bisa kamu sesuaikan sendiri sama selera tapi lebih nikmat pedas.

 

Nantinya campuran telur asin dan oncom harus dilumatkan sampai benar-benar jadi satu. Jangan lupa tambahkan lagi campuran supaya wangi, aroma dan rasanya lebih kaya. Disarankan sekali bila menambah daun jeruk atau daun kemangi. Rasa combro dijamin makin luar biasa berbeda dibanding versi originalnya saja.

 

Resep Bahan Isian Manis dan Gurih

 

Bila sudah mencoba original dan pedas, kali ini giliran membuat isi until yang lebih manis rasanya. Kamu bisa mempersiapkan dulu singkong parut dan dibuang airnya, kelapa parut dan garam. Disini kita butuh putih telur sebagai pengikat wijen supaya tidak terjatuh karena highlight utamanya memang wijen.

 

Untuk isian, perlu menyiapkan kelapa parut, daun pandan dan gula merah terlebih dahulu. Pada bagian gula merah, usahakan benar-benar terasa halus sebelum dimasukkan supaya lebih mudah mencair. Lalu untuk daun pandan sendiri pakai yang tidak terlalu tua supaya warnanya tidak menganggu dan rasanya tidak pahit.

 

Untuk membuat bagian dalam tidak boleh langsung dimasukkan begitu saja karena daun pandang hanya dimanfaatkan aromanya saja. Maka dari itu kamu harus rebus isian sebelum masukkan dalam adonan. Untuk adonan bentuk tipis dan balurkan pada wijen, lalu resep kue combro khas jawa barat siap digoreng.

 

Proses penggorengan ini harus diperhatikan jangan sampai bagian luarnya sudah kelihatan kecokelatan tapi ternyata dalamnya masih mentah. Hal ini kurang lebih sama saat pembuatan resep lainnya yaitu Misro. Sebenarnya tidak beda jauh dengan isi until karena memakai singkong, kelapa parut dan garam sebagai tambahan rasa.

 

Resep kue combro khas jawa barat manis ini pastinya membutuhkan gula merah sebagai isian dan sisir supaya lebih mudah mencair saat digoreng. Mungkin comro dan misro adalah menu paling populer dalam varian combro oleh orang Sunda. Jadi, kalau mencari di jalanan pasti paling mudah menemukannya.

 

Perlu diingat saat pembuatan misro, jangan sampai lelehan gula mencair sampai keluar, jadi harus dicegah dengan membuat adonan kuat. Nantinya bakal kita goreng sampai kecokelatan dan paling enak bila masih hangat. Kamu bisa menyajikan misro untuk teman atau keluarga sambil minum kopi atau teh hangat.

 

Bila melihat semua menu olahan diatas, memang tidak salah apabila para pemula dalam dunia memasak bika menguasainya lebih mudah. Apalagi bahan tidak perlu khusus melainkan bisa mencoba berkreasi sendiri. Kalau ingin mencoba yang sudah pasti berhasil, tinggal mengikuti resep kue combro khas jawa barat saja.